Kutukan Nomor 7 di Manchester United Berlanjut

Di Manchester United, nomor punggung 7 adalah nomor punggung sakral yang digunakan oleh pemain-pemain kelas dunia. Dimulai dari George Best, Bryan Robson, Eric Cantona, David Beckham hingga 3 kali peraih pemain terbaik dunia, Cristiano Ronaldo. Setelah kepergian Cristiano Ronaldo ke Real Madrid, nomor punggung 7 berubah menjadi sebuah kutukan. Setelah era CR7, pemakai nomor 7 di Manchester United sulit untuk menunjukkan permainan terbaiknya bahkan beberapa dianggap gagal total.

Pemakai nomor punggung 7 di Manchester United berganti-ganti setelah kepergian Cristiano Ronaldo. Dari Michael Owen, Antonio Valencia, Luis Nani, hingga Angel Di Maria. Nama-nama tersebut dianggap gagal menunjukkan peforma gemilangnya bersama Setan Merah. Kutukan nomor punggung 7 di United nampaknya terus berlanjut. Musim ini nomor punggung 7 diwariskan kepada winger asal Belanda, Memphis Depay. Depay menggunakan nomor 7 yang sebelumnya digunakan Angel Di Maria.

Meskipun sempat tampil gemilang di awal musim, namun di beberapa pertandingan terakhir yang dijalani, winger 21 tahun itu gagal menunjukkan penampilan terbaiknya. Tak heran jika pelatih Manchester United, Louis Van Gaal lebih memilih memasang pemain lain dibandingkan mantan pemain PSV tersebut. Banyak yang menyebut Memphis Depay menjadi korban dari kutukan nomor punggung 7 di United.

Pertandingan terakhir yang dijalani Depay bersama United terjadi di Premier League 4 Oktober lalu saat United kalah dari Arsenal dengan skor 3-0. Sejak saat itu, Depay harus puas menghuni bangku cadangan. Menurut Louis Van Gaal, peforma Depay masih inkonsisten.
“Dia baru berumur 21 tahun, dan di umur tersebut Anda tidak bisa mengharapkan peforma yang konsisten,” ujar arsitek United tersebut kepada para wartawan.

Performa buruk Depay bersama United berimbas pada posisinya di timnas Belanda. Nama Depay tidak masuk dalam daftar nama-nama pemain tim nasional Belanda yang akan menjalani laga persahabatan melawan Wales dan Jerman. Depay masih punya cukup banyak waktu untuk membuktikan dirinya mampu menunjukkan performa terbaiknya bersama United. Jika berhasil tampil gemilang, bukan tidak mungkin Memphis Depay mampu mengakhiri kutukan nomor punggung 7 di Manchester United.