PSSI Siap Gelar Kompetisi Piala Indonesia

Sekretariat Jendral PSSI, Ratu Tisha Destria, baru-baru ini mengungkapkan bahwa Federasi Sepakbola nomor Wahid di Indonesia tersebut tengah mempersiapkan rencana untuk menggelar kompetisi Piala Indonesia yang akan diikuti oleh banyak klub, mulai dari kasta menengah sampai kasta tertinggi.

PSSI Siap Gelar Kompetisi Piala Indonesia

Sebagai informasi, Piala Indonesia sebenarnya bukan merupakan kompetisi yang asing dan baru di tanah Air, hanya saja, sudah lima tahun berlalu sejak kompetisi tersebut terakhir kali digulirkan. Pada saat itu, Liga Primer Indonesia masih menjadi kompetisi sepakbola utama di Indonesia, dengan Persibo Bojonegoro yang sukses memenangkan trofi juara usai mengalahkan Semen Pada pada partai puncak, lewat skor akhir 1-0.

Nah, berkaca dari kesuksesan Piala FA dan Piala Liga di Inggris, PSSI pun tertarik untuk kembali menggelar kompetisi yang sudah vakum sejak lima tahun silam itu. Sebagaimana penuturan dari Ratu Tisha, kehadiran kompetisi Piala Indonesia nantinya diharapkan bisa membuat klub-klub mendapatkan pengalaman bersaing di level kompetitif.

“Kami akan menyongsong musim depan dengan kembali menggelar Piala Indonesia. Mulai musim depan itu ibaratnya Piala FA-nya benar-benar dari Liga 3 sampai kasta atas dan berikutnya mungkin akan bahas soal agenda pramusim,” ucap Tisha.

Adapun dalam sejarah kompetisi ini, adalah Sriwijaya FC yang berhasil meraih trofi terbanyak, dimana mereka telah memenangkan tiga trofi juara Piala Liga Indonesia, masing-masing diraih pada tahun 2007, 2008 dan 2010. Diikuti oleh Arema Malang yang dua kali mengangkat trofi pada dua edisi awal turnamen panjang ini.

PSSI sendiri sedang meramu bagaimana tatanan kompetisi untuk musim depan yang kabarnya akan memiliki empat tingkatan. Keputusan terkait kompetisi tersebut akan ditetapkan pada kongres tahunan yang digelar 13 Januari 2018, di Jakarta.