Banyak Klub Kaya, Real Madrid Sulit Datangkan Pemain Bintang

Raksasa La Liga Spanyol, Real madrid sepertinya dalam beberapa tahun terakhir ini berusaha untuk menghilangkan kebiasaan ‘berbelanja jor-ojoran’ pada bursa transfer musim panas. Menurut Analisis sepakbola asal Inggris, Craig Bellamy, sebenarnya itu bukan kemauan klub, tapi karena fakta bahwa saat ini ada banyak klub kaya yang tidak akan tergiur melepas pemain andalan mereka.

Banyak Klub Kaya, Real Madrid Sulit Datangkan Pemain Bintang

Seperti diketahui, Real Madrid memang dikenal sebagai tim yang jor-joran tiap edisi bursa transfer musim panas. Mereka bahkan rela menggelontorkan 100 Juta Euro untuk mendatangkan Gareth bale pada brusa transfer musim panas tahun 2014 lalu, dimana angka tersebut kemudian memecahkan rekor transfer dunia. Namun bisa dikatakan itulah pembelian termahal Los Blancos sampai sekarang.

Ya, Real Madrid tak pernah lagi jor-joran pada bursa transfer dengan lebih mengandalkan para pemain muda yang mereka miliki. Meski begitu, selepas kepergian Cristiano Ronaldo pada bursa transfer musim panas kemarin, Real Madrid sempat dikaitkan dengan sejumlah pemain top seperti Hazard, Mbappe dan Neymar. Tapi usaha mereka untuk menggaet salah satu atau dua pemain tersebut gagal terwujud.

Menurut Bellamy, ini bukan karena faktor sang pemain, tapi karena banyak klub yang memiliki kondisi keuangan serba berkecukupan, sebut saja Paris Saint-Germain yang memiliki Neymar dan Mbappe dalam skuatnya.

“Sekarang anda berurusan dengan aliran uang yang berbeda. Ini bukan yang anda hadapi sebagai Madrid. Anda mengahadapi negara-negara yang memiliki miliaran uang saat ini. PSG bisa bersaing. Mereka bisa memberi penawaran sedikit lebih banyak. Dalam sejarah, Madrid selalu bisa menghabiskan banyak uang ketimbang klub lain, tetapi sekarang sudah tak lagi.” Demikian menurut Bellamy di Sky Sports.

“Pemain Galacticos yang mereka inginkan – Mbappe dan Neymar sebagai conoh – sulit mendapatkan mereka. Mereka menginginkan Neymar ketika dia meninggalkan Barcelona tetapi hal itu tak terjadi,” tandasnya.