Guardiola akui, Manchester City Bukan Tim Besar di Liga Champions

Setelah menang dramatis melawan Hoffenheim di ajang liga Champions Eropa, manajer Manchester City Pep Guardiola tetap memilih untuk merendah terkait dengan perjalanan timnya di ajang tahunan tersebut. Bagi mantan manajer Barcelona ini, Manchester City bukanlah tim yang memiliki sejarah besar, terlebih lagi di ajang Liga Champions Eropa.

Guardiola akui, Manchester City Bukan Tim Besar di Liga Champions

Bukan rahasia lagi bahwa Manchester City begitu mendambakan trofi Liga Champions Eropa sejak mereka diakusisi oleh Konglomerat timur tengah di tahun 2008 silam. Sejumlah pemain bintang dan pelatih top didatangkan Citizen, tapi mereka tak pernah mampu tampil moncer di ajang Liga champions Eropa. Meski menjuarai liga primer sebanyak tiga kali termasuk musim kemarin, pencapaian terbaik Manchester City di UCL hanyalah sampai babak semifinal pada tahun 2016 lalu.

Musim ini, mereka bahkan tampil kurang meyakinkan, setelah dipermalukan Lyon pada matchdays pertama babak penyisihan Group di kandang sendiri, Manchester City nyaris telan kekalahan kedua, andai saja David Silva tak mencetak gol penentu kemenangan dalam laga tandang melawan Hoffenheim. Selepas pertandingan tersebut, manajer Pep Guardiola mengakui bahwa timnya bukanlah unggulan di ajang Liga Champions Eropa, karena tak punya sejarah di ajang tersebut.

“Tim ini sangat kuat, sangat bagus. Saya paham, saya sudah mengatakan pada para pemain bahwa duel melawan Lyon bakal sulit. Kami tidak memiliki sejarah di belakang kami. Bagi saya adalah mengejutkan jika orang-orang menyebut City bakal menang [di Liga Champions]. Saya mengapresiasinya, terima kasih, tapi itu tidaklah benar. Kami [bersama Hoffenheim] ada di level yang sama, selangkah di belakang sejarah Liverpool, tim-tim Spanyol, AC Milan, Juventus. Itulah yang saya percayai.”

“Kami memiliki satu [pengalaman] di semi-final [Liga Champions] dan satu di perempat-final. Selangkah demi selangkah, rendah hati, dan terus menganalisis lawan. Kami berjuang untuk bisa sampai ke perempat-final, itu akan jadi pencapaian yang besar untuk City,” ujar Pep, seperti dikutip Daily Mail.