Guardiola Tolak Anggapan City Favorit Juara Liga Champions

Pelatih Manchester City, Pep Guardiola berbicara mengenai anggapan publik yang menilai bahwa tim asuhannya adalah salah satu tim favorit pada ajang Liga Champions Eropa musim ini. Menurut pandangan mantan manajer Barcelona tersebut, dari sudut pandang sejarah, Manchester City sama sekali tidak layak disebut kandidat juara pada ajang tahunan tersebut.

Guardiola Tolak Anggapan City Favorit Juara Liga Champions

Sebagaimana diketahui, Manchester City memang merupakan salah satu tim langganan di ajang Liga Champions Eropa selama beberapa tahun terakhir. Bisa dikatakan mereka telah berkembang selama satu dekade terakhir ini menjadi tim yang tak hanya disegani di Premier League, tapi juga di ajang Liga Champions Eropa. Namun sejauh ini, Citizen memang belum pernah memenangkan titel tahunan tersebut.

Musim ini, mereka diyakini sebagai salah satu kandidat juara, dibawah arahan manajer Pep Guardiola yang musim kemarin berhasil mengantarkan timnya memenangkan titel Liga Primer Inggris. Namun pelatih asal Spanyol itu kemudian membantah anggapan ini dan menegaskan bahwa dari sudut pandang sejarah, City tak pernah layak dianggap sebagai Favorit.

“Saya pikir, soal ekspektasi, anda harus memenangkan pertandingan di lapangan. adi saya pikir saya sama sekali tidak mencemaskan gagasan bahwa kami layak mendapatkan lebih banyak penghargaan di Liga Champions. Saya sudah menghabiskan banyak waktu dan menganalisis berkali-kali dan saya bisa mengatakan bahwa dalam sejarah kami tidak layak (dianggap favorit) karena kami masih belum pernah melakoni tahun yang luar biasa di Liga Champions.”

“Kami memang melakukannya di fase grup. Tetapi masalahnya bukan itu. Pada akhirnya kami harus membuktikan kalimat itu di lapangan. Kami bisa saja berbicara: ‘kami layak dihargai, kami layak dihargai, kami favorit, kami adalah favorit’. Ini adalah Liga Champions di hari Selasa dan Rabu, tunjukkan kualitas anda (pemain).” demikian tegas Guardiola di fourfourtwo.