Joachim Low Sebut Jerman Kehilangan Kepercayaan Diri

Pelatih Tim Nasional Jerman, Joachim Low tentu saja merasa frustrasi akan fakta bahwa tim asuhanya tak mampu meraih kemenangan gol dalam 10 pertandingan terakhir secara beruntun. Yang lebih menyedihkan lagi, enam dari 10 laga tersebut, Jerman telan enam kekalahan diantaranya, dan Low menilai bahwa para pemainnya telah kehilangan kepercayaan diri.

Joachim Low Sebut Jerman Kehilangan Kepercayaan Diri

Tahun 2018 ini memang bukan tahun yang bagus bagi Jerman, mereka tersingkir dari ajang Piala Dunia 2018 kemarin secara mengenaskan di babak penyisihan group. Yang lebih menyedihkan lagi adalah Jerman finish di urutan terbawah pada klasemen akhir fase Group di ajang empat tahunan tersebut. Belum lagi, adanya isu rasisme yang menimpa gelandang mereka, Mesut Ozil, sehingga pemain Arsenal tersebut memutuskan untuk pensiun dari panggung Internasional.

Penderitaan Jerman tidak terhenti di sana, pada saat jeda Internasional kompetisi UEFA nations League yang sudah berlangsung sejak September lalu, Jerman kembali mendapati serangkaian hasil yang mengecewakan. Jika di total, mereka tak pernah menang dalam 10 laga terakhir dan tlan enam kekalahan diantaranya. Terbaru, Jerman dihabisi Belanda lewat skor telak 0-3.

Tentu saja, catatan itu sangatlah buruk bagi Jerman yang selama ini dikenal sebagai tim kuat, bertabur bintang, dan juara dunia 2014 silam. Terkait situasi tersebut, pelatih Joachim Low menilai bahwa para pemainnya kehilangan rasa percaya diri.

“Ini bukan cuma soal mengonversi peluang. Kami bermain OK hingga kami kebobolan dan tidak menggunakan kesempatan kami. Setelah kebobolan, Anda bisa melihat bahwa hasil belakangan ini berujung pada minimnya kepercayaan diri. Mengapa kami tak mencetak gol? Ini sulit dijawab, kami jelas punya peluang emas. Jika kami kalah 1-0, ini bisa diterima, tetapi hancur seperti ini di sepuluh menit terakhir bukanlah pertanda bagus,” katanya dalam konferensi pers.