Juventus Dituding Kendalikan VAR di Serie A

Carlo Freccero, Pimpinan Rai 2 selaku salah satu media ternama di Italia secara jelas melayangkan tudingan kepada juara bertahan Serie A italia, Juventus terkait dengan teknologi VAR atau Video Assistance Referee. Menurut pandangannya, tim besutan Massimilliano Allegri sepenuhnya menguasai VAR sehingga mereka dengan leluasa mencatat rekor tak terkalahkan sampai sekarang.

Juventus Dituding Kendalikan VAR di Serie A

Juventus memang tampil superior musim ini, terutama di kancah Serie A italia, dimana dari total 19 pertandingan yang telah berlangsung di kompetisi utama Italia tersebut, Bianconneri selaku juara bertahan kompetisi berhasil memenangkan 18 pertandingan dan hanya tertahan imbang sekali. Artinya, dari sepanjang paruh pertama Serie A Italia musim ini, La Vecchia Signorra masih belum terkalahkan.

Tentu saja fakta tersebut juga yang membuat Juventus kini berada di puncak klasemen sementara Serie A italia dengan keunggulan sembilan angka atas rival terdekatnya, Napoli. Tapi, Freccero menuding bahwa keberhasilan Juventus di paruh pertama musim ini juga melibatkan peranan mereka terhadap VAR. Ya, menurut sosok yang diketahui sebagai penggemar AS Roma ini, Juventus sepenuhnya mengendalikan VAR, sehingga mereka bisa mempertahankan rekor tak terkalahkan sampai saat ini. Namun tak dijelaskan, apakah yang dimaksud wasit VAR atau teknologi itu sendiri.

“Saya hanya menyaksikan Liga Primer Inggris sekarang, karena Juventus selalu menang di Italia. Itu karena mereka mengendalikan seluruh VAR, sesuatu yang sulit dipercaya. Seluruh VAR dikendalikan mereka. Mereka bermanuver, melakukan ini, itu dan lainnya… itu menjengkelkan. Forza [AS] Roma!” klaim Freccero.

Belum jelas apakah tuduhan Freccero mengacu pada orang-orang yang bertugas menjalankan VAR atau teknologi itu sendiri. Sejauh ini pihak Juventus belum merespons tudingan itu, kemungkinan besar diyakini mereka bakal melakukan boikot terhadap saluran televisi tersebut.