La Liga Buka Peluang Abadikan Nama Messi jadi Nama Trofi

Dengan fakta bahwa Lionel Messi adalah salah satu pemain terbaik dalam sejarah sepakbola, muncul gagasan agar pihak La Liga mengabadikan nama pemain terbaik kompetisi utama mereka dengna nama ‘Trofi Lionel Messi’. Terkait dengan gagasan tersebut, Presiden La Liga Javier Tebas mengaku tertarik untuk menerapkan ide ini, mengingat nama besar dan prestasi mega bintang Barcelona tersebut selama ini.

La Liga Buka Peluang Abadikan Nama Messi jadi Nama Trofi

Lionel Messi, 31 tahun, memang sudah layak disebut sebagai salah satu pemain terbaik dalam sejarah sepakbola, sebagaimana mega bintang Argentina tersebut berhasil merengkuh lima trofi Ballon d’Or, empat Sepatu emas Eropa dan sejumlah raiihan individu mentereng lainnya. Dia juga mengantarkan Barcelona meraih empat titel Liga Champions Eropa, sembilan trofi la Liga dan beberapa gelar bergengsi lain.

Di La Liga Spanyol sendiri, sejumlah nama legenda sudah diabadikan menjadi nama trofi Individu, seperti Rafael “Pichichi” Moreno sebagai trofi Top Skorer, kemudian Ricardo Zamora untuk kategori kiper terbaik, dan beberapa contoh lainnya. Karena itu, muncul gagasan untuk menamai trofi Pemain terbaik La Liga spanyol dengan nama Trofi Lionel Messi. Gagasan ini rupanya menarik bagi presiden La Liga Spanyol, Javier Tebas.

“Saya suka ide itu, kami harus mempertimbangkannya. Saya pikir Messi akan menjadi yang terbaik dalam sejarah sepakbola, bahkan dia sudah [jadi yang terbaik]. Beberapa orang membicarakan tentang Neymar tetapi usianya sudah 26 tahun dan seingat saya Messi mulai bermain untuk Barcelona sebagai youngster dan dia mengejutkan kita setiap tahun.”

“Dia tampak tidak memiliki batasan dan dia bermain di level maksimal. Dia yang terbaik dan saya rasa itu ide luar biasa, menciptakan sebuah trofi untuk pemain terbaik setiap musim yang dinamai Leo Messi. Kalau Zarra dianugerahkan untuk topskor [Spanyol]… saya pikir itu [Trofi Lionel Messi] ide cemerlang,” ucap Tebas kepada Omnisport perihal wacana Trofi Lionel Messi.