Prestasi Klopp Di Dortmund Cocok Untuk Bangkitkan Liverpool

Juergen Klopp akhirnya resmi berseragam Dortmund. Kamis (8/10/2015) waktu setempat, mantan arsitek Borrussia Dortmund ini akhirnya menandatangani kontrak sekaligus diperkenalkan ke publik. Dengan begitu, berakhirlah teka-teki mengenai siapa pengganti Brendan Rogers di Anfield. Klopp menandatangani kontrak di Hope Street hotel didampingi oleh dua petinggi Liverpool, Tom Werner dan Ian Ayre. Setelah menandatangani kontrak, Klopp kemudian makan malam dengan dua petinggi Liverpool tersebut dan tim staff pelatih Liverpool.

Kepastian penunjukkan Juergen Klopp ini memang sudah ditunggu-tunggu oleh para Liverpudlian. Nama Juergen Klopp memang dianggap sebagai kandidat terkuat calon pelatih baru Liverpool. Setelah memutuskan berhenti dari jabatannya di klub Jerman, Borrussia Dortmund akhir musim lalu, Klopp lebih memilih untuk beristirahat dari kegiatan yang berhubungan dengan sepakbola. Kini, Klopp siap kembali ke lapangan hijau dan memimpin pasukan The Reds kembali ke trek juara.

Juergen Klopp memang dianggap sosok yang paling pas untuk mengarsiteki Liverpool. Pelatih berusia 48 tahun ini memiliki reputasi tinggi di persepakbolaan Eropa. Tangan dingin Juergen Klopp mampu merubah Borrusia Dortmund menjadi klub elit Eropa kembali. Klopp juga berhasil membawa Dortmund menyaingi Bayern Munchen di liga domestik. Selama 7 tahun membela Dortmund, Klopp berhasil mempersembahkan 2 gelar Bundesliga, 1 DFB Pokal, dan juga 3 DFL-Supercup. Di level Eropa, pelatih berkacamata ini sukses membawa Marco Reus dkk. ke final liga Champions 2013.

Mantan pemain Mainz 05 ini juga mampu memberikan warna baru dalam permainan Dortmund di lapangan. Di tangan Klopp, Dortmund dirubah menjadi tim yang memainkan sepakbola menyerang yang sangat atraktif. Prestasi-prestasi inilah yang menjadi nilai tambah bagi pelatih kelahiran Stuttgart tersebut untuk bisa menukangi Liverpool yang sedang terpuruk. Kini tugas berat sudah menanti Jurgen Klopp bersama Liverpool. Klopp harus bisa membawa Liverpool kembali bersaing di jajaran top elit Premier League musim ini.

Hingga pekan ke-8 Premier League musim ini, Liverpool masih tertahan di peringkat kesepuluh, tertinggal jauh dari pimpinan klasemen Manchester City. Ujian pertama bagi Juergen Klopp bisa dibilang cukup berat. Klopp akan menjalani debut resminya bersama Liverpool di ajang Premier League melawan klub London, Tottenham Hotspurs. harapan jutaan fans Liverpool di seluruh dunia kini berada di pundak Juergen Klopp.