Xavi Tak Suka Gaya Defensif Jose Mourinho

Jelang pertandingan antara Barcelona melawan Inter Milan pada matchdays ke-3 fase group Liga Champions Eropa tengah pekan ini, salah seorang legenda besar Barcelona, Xavi Hernandez mengenang kembali pertandingan melawan Raksasa Italia tersebut ketika mereka masih ditangani jose Mourinho. Xavi mengaku tidak akan mengusung taktik seperti Mourinho, atau bermain bagi klub yang punya gaya bermain seperti itu.

Xavi Tak Suka Gaya Defensif Jose Mourinho

Sebagaimana diketahui, Barcelona sebentar lagi akan menjamu Inter Milan pada lanjutan Fase Group Liga Champions Eropa musim ini. Bagi kedua klub, ini bukanlah pertemuan pertama mereka, karena pada tahun 2010 silam, Barcelona pernah menghadapi raksasa Serie A italia di ajang yang sama. Ketika itu, mereka berhadapan di babak semifinal, dan Inter Milan pada akhirnya berhak atas tiket ke final setelah unggul agregat 3-2.

Xavi menceritakan pengalamannya bermain melawan Inter Milan arahan Jose Mourinho saat itu, dimana pelatih asal Portugal benar-benar membuat tim asuhannya bermain defensif sepanjang laga. Xavi mengaku tidak suka dengan gaya bermain seperti itu, diapun tak ingin bermain atau melatih klub dengan gaya seperrti itu.

“Mourinho adalah Pelatih yang sangat defensif, dan bermain melawan Inter-nya tidak mudah. Itu gayanya, dan ia mempraktikkannya di Chelsea dan Real Madrid juga. Ia mengurus semua detail, ia menutup semua celah dan ia tidak memberi Anda banyak ruang. Saya lebih suka gaya sepakbola lain. Saya tidak mengkritik, tetapi saya tidak suka bermain seperti itu dan tim saya tidak akan pernah memiliki sikap seperti itu,” ucapnya pada Corriere dello Sport.

“Mantan rekan setim saya adalah favorit pemenang di laga itu dan mereka akan mendominasi penguasaan bola untuk menempatkan lawan mereka di bawah tekanan. Jika Anda hanya fokus untuk tidak kebobolan, tidak mudah meninggalkan Camp Nou tanpa terluka,” cetusnya.